Your Title


ShoutMix chat widget

Selasa, 29 Maret 2011

Pirates of Silicon Valley

Film ini menceritakan tentang perusahaan Apple dan Microsoft. Tokoh-tokoh yang ada di film ini adalah Steve jobs, Steve Wozniak, Bill Gates,  Paul, Ballmer dan masih banyak beberapa orang penting lainnya. Steve jobs dan Steve Wozniak adalah pendiri Apple difilm ini diceritakn bagaimana mereka berusaha mengembangkan perusahaan tsb. Mereka mencoba ingin menciptakan sebuah kotak biru, mirip, tapi bisa untuk menelpon gratis, tanpa pulsa seperti jaman sekarang, karena kotak biru ini mempunyai teknologi yang sama dengan peralatan jarak jauh milik AT&T. Saat itu juga muncul sebuah mimpi, Steve Jobs mempunyai anggapan bahwa Informasi adalah kunci kekuasaan di dunia ini. Steve jobs, dan steve wozniak adalah manusia biasa seperti kita, namun mereka mempunyai fikiran yang sangat tinggi dengan ide-ide yang mampu membawa perubahan besar bagi dunia. Akhirnya merekapun memutuskan untuk membuat sebuah komputer, mereka pernah mengalami kebangkrutan, mereka juga pernah bekerja menjadi badut untuk menghibur anak-anak di sebuah taman, namun Steve Jobs tidak betah dengan pekerjaan itu. Steve Jobs lebih gila lagi, ia dan Steve Wosniak membuat prototype sebuah komputer.mereka pun memamerkan komputer mereka dan mendapatkan order pertama 50 unit. Untuk mencari modal mereka  pinjam dari Bank serta menjual Mobilnya, akhirnya suatu hari datanglah Mike Markula, seorang Pegawai Intel Corporation, saat itu dia tengah mencari peluang bisnis , dan dia menawarkan modal untuk proyek Apple , merekapun mulai proyek Apple dengan lebih professional,  hingga pada suatu hari di sebuah pameran komputer Apple benar-benar membuat para pengunjung tergila-gila dan kagum akan komputer Apple, Dari sinilah Apple bermula dan berkembang Cepat hingga mereka mampu mendirikan kantor dan menerbitkan Apple II ke pasar yang mampu bersaing dengan IBM. Steve Jobs pun tak tinggal diam, untuk bisa terus menyalip IBM di pasar komputer ia butuh lebih dari sekadar inovasi biasa. Untuk tetap bisa menguasai pasar Apple menerbitkan Lisa. Lalu dengan geniusnya  Jobs memanfaatkan proyek gagal dari perusahaan Xerox berupa teknologi mouse dan GUI (Graphic User Interface). Ia menggagas pembuatan komputer pribadi yang ia beri nama Macintosh.
Sementara itu, kita lihat, Bill Gates dan kawan-kawannya sedang menjalani hidup yang begitu santai, namun juga tetap berusaha mengembangkan Microsoft yang belum terlalu terkenal. Kemudian pada suatu saat, mereka melihat peluang untuk membuat bahasa pemrograman yang akan mereka jual ke perusahaan MITS. Paul lah yang pertama kali datang ke perusahaan MITS untuk menawarkan bahasa pemrograman yang akan dijualnya kepada MITS, yaitu berupa bahasa FORTRAN yang gunanya untuk mengoperasikan  ALTAIR . Bill Gates dan Paul Allen juga berhasil membuat Traf-O-Data dan berhasil menjualnya ke perusahaan MITS dan saat itu juga mereka memperoleh hadiah dari perusaahaan tersebut berupa sebuahkomputer  Akhirnya dengan kegeniusan yang dimiliki Bill dan Paul mereka mampu mendapatkan uang, Sementara itu Bill Gates masih berkutat dengan Microsoft belum bisa tumbuh seperti yang diharapkannya, melihat Apple yang telah sukses dan membuat IBM seperti kalah bersaing, Bill Gates pun berfikir, bagaimana caranya agar IBM membutuhkannya, Akhirnya Bill Gates membuat kejutan besar dengan memutuskan untuk bekerja sama dengan IBM. Gates menawarkan seperangkat sistem operasi yang ia klaim mampu berintegrasi dengan komputer buatan IBM. Yang Ia menamainya dengan sebutan DOS (Disk Operating System). Disinilah kejeniusan Bill dalam membaca situasi yang sebenarnya Bill tak pernah membuat satu sistem operasi apapun. Dengan pintarnya Bill Gates dengan bantuan Paul berhasil membeli sistem operasi dari Seatle  dengan harga 50 ribu Dollar kemudian mengutak-atik dan menyempurnakannya dan kemudian menjualnya ke IBM dengan harga yang jauh lebih tinggi. Dari sinilah Microsoft mulai dikenal, Bill yang pandai memanfaatkan kesempatan
Dia mengambil langkah berani dengan mengajak Jobs bekerja sama dengan tujuan utama mempelajari teknologi Grafis dan Sistem Operasinya, sungguh beruntung Bill Gates dan rekan-rekannya, niatnya hanya menginginkan Lisa, namun Macintosh pun didapatnya, Microsoft mendapatkan  3 prototype dari Apple. Akhirnya Microsoft yang saat itu belum seberapa besar dibandingkan Apple dapat sesuka hati mengutak-atik prototype Macintosh Apple yang  baru akan diliris setahun kemudian, hal  ini disebabkan karena pengakuan Bill Gates bahwa IBM selaku saingan Apple menginginkan produk dari Microsoft, sehingga Steve pun harus sedikit khawatir dengan IBM dan akhirnya menerima Microsoft tanpa memikirkan resiko yang akan timbul seperti pada kenyataannya. Bill Gates diam-diam mengutak-atik sistem operasi dan teknologi Macintosh dan meluncurkan apa yang kita kenal sekarang sebagai Windows. Dari situlah Microsoft bekembang pesat dan jutru menjadi saingan berat bagi Apple.
Akhirnya suatu hari Steve Jobs dipecat dari Apple yang pada saat itu John Sculley yang menjadi Presiden di Perusahaan Apple, steve dianggap membawa dampak buruk bagi kelanjutan Apple, namun tanpa Steve Apple justru dapat dibilang kurang Inovatif, maka pada tahun 1997 Steve Jobs secara resmi di panggil kembali ke Apple. Dan Akhir cerita, Bill gates telah menjadi orang terkaya di dunia dan telah juga memiliki saham Apple Computer .
 Kesimpulan yang dapat saya ambil dari film ini adalah seorang yang jenius tapi terlalu ambisius dalam ide-ode nya akan mengalami masalah dari ide nya tersebut seperti yang dialami oleh Steve Jobs. Dan keambiusannya berdampak kepada karyawan-karyawan apple itu sendiri yang dipaksa kerja tanpa tidur. Sementara Bill gates yang jenius lebih tenang dan sabar dalam mengembangkan ide-idenya. Itu terbukti dalam bagaimana dia berhasil mengkelabui Apple dalam kerjasama bisnis mereka. Dan pada akhirnya sesautu yang kita lakukan dengan maksimal akan menghasilkan yang maksimal pula. Dan terkadang kecurangan itu perlu dalam berbisnis.
Sesuatu hal yang dianggap gila, maka itu akan menjadi hal yang HEBAT…

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More